Menjadi Pengelola Jurnal Ilmiah yang Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan

















(Oleh: R. Ahmad Zaky El Islami, M.Pd.)

(Editor Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA/Dosen Jurusan Pendidikan IPA Universitas Sultan Ageng Tirtayasa/Divisi Penerbitan Edupreneurship Innovation Center (EpIC) FKIP UNTIRTA)


Sebagaimana kita menyadari bahwa tidak ada pencapaian tanpa niat baik dan keterlibatan orang lain di dalamnya, maka dengan itu kebersamaan adalah harga mutlak sebuah tim dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Jurnal ilmiah merupakan salah satu kegiatan yang dapat menunjang tridharma perguruan tinggi bidang penelitian. Bagi dosen, artikel ilmiah merupakan luaran yang sangat penting, karena artikel penelitian merupakan cikal bakal pengembangan ilmu pengetahuan. Setidaknya seorang dosen juga diharapkan mampu mengelola mesin pencetak artikel ilmiah tersebut yaitu Jurnal ilmiah agar semakin banyak publikasi hasil penelitian yang dapat disebarluaskan secara universal. Setidaknya terdapat dua hal yang perlu dimiliki oleh pengelola jurnal ilmiah yaitu kemauan dan kemampuan

1. Kemauan
Kemauan berarti bahwa pengelola jurnal ilmiah harus memiliki keinginan dan tekad yang kuat untuk menjadikan jurnal yang dikelolanya agar maju, bermutu, berkarakter, dan berdaya saing dalam kebersamaan.

2. Kemampuan
Kemampuan yang harus dimiliki oleh pengelola jurnal meliputi:
a.Kemampuan dalam pengoperasian OJS (Open Journal System)
b.Kemampuan dalam menjaga keharmonisan dan keterlibatan dewan redaksi dalam proses pengelolaan jurnal ilmiah
c.Kemampuan dalam menjaga hubungan baik dengan mitra bebestari/reviewer dari luar institusi dalam proses pengelolaan jurnal ilmiah
d.Kemampuan dalam menjaga hubungan baik dengan para penulis dari dalam institusi dan luar institusi.

Dengan demikian diharapkan jurnal ilmiah yang dikelola dan dikembangkan dapat menjadi jurnal ilmiah yang maju, bermutu, berkarakter, dan berdaya saing dalam kebersamaan.









Tidak ada komentar: