Arsip Agenda Semester 8 UIN Jakarta R. Ahmad Zaky El Islami

Strategi memang sangat penting, tapi harus lewat prosedur yang tepat.
pengalaman di Fakultas Tarbiyah Kimia UIN Jakarta bisa 4 tahun terhitung 29 Juli 2010, kurang lebih kemarin saya seperti ini:
1. Sebelum saya buat judul skripsi, saya sering ke PU lantai 3, dan menulis footnote2 skripsi orang lain dari berbagai macam judul.
2. Setelah itu footnote2 tersebut saya cari bukunya di lantai 2 PU, ternyata banyak buku tentang STAD dan Hasil belajar, maka judul saya Variabel X nya STAD dan Variabel Y nya Hasil belajar. Kalo sudah banyak bukunya jadi nggak perlu nyari sampe keluar kota yang menghabiskan uang dan waktu.
3. Lalu saya patenkan judul saya.
4. Setiap hari saya ngetik dan harus ada hasilnya setiap hari walau cuma satu kalimat atau paragraf.
5. Proposal selesai sekitar 3 hari dan saya pelajari selama kurang lebih 1-2 minggu, agar hari H seminar proposal diterima, karena logikanya masa dosen mengganti judul saya jika saya paham bab1,2 dan 3nya??? dan alhamdulillah diterima judul dan dari setelah itu langsung revisi proposal hampir setiap hari ngetik dan bimbingan beberapa kali walaupun PPKT sudah dimulai sekitar tanggal 12 Februari, dan kebetulan saat itu peraturan Laboratorium FITK bahwa pembukaan PPKT di sekolah harus minggu kedua, maka temen2 PPKT sepakat pembukaan PPKT minggu kedua pada hari terakhir di minggu ke-2 yaitu tanggal 12 Februari.
6. Hari-hari sebelum tanggal 12 februari itu saya manfaatkan untuk ngetik revisi proposal dan mempersiapkan BAB 1,2,3 Laporan PPKT.
7. Alhamdulillah beberapa kali revisi proposal tanggal 15 Februari proposal di ACC oleh pembahas 2(Bapak Dedi Irwandi, M.Si) setelah sebelumnya di ACC Pembahas 1(Dr. Sujiyo Miranto, M.Pd)
8. PPKT tetap berjalan seperti biasa; ngajar, piket, kegiatan kependidikan(maulid dll), kebetulan saya juga dapat tambahan tugas dari sekolah untuk persiapan OSN kimia pulang sekolah jam 3an(bisa 2 atau 3 x seminggu, dan fleksibel tentunya). jadi menurut saya sesibuk apapun di PPKT tak akan mengganggu kemauan kita untuk menyelesaikan skripsi secepatnya.
9. Saat itu Peraturan Laboratorium bahwa kita tidak diperbolehkan mendapatkan nilai mengajar di kelas dari dosen sebelum kita mengajar sebanyak 16 kali) maka setelah saya ngajar 30an kali saya langsung menghadap dosen ppkt (Ibu Eni S. Rosyidatun, M.A) untuk minta penilaian. *Bagi yang mau minta penilaian dosen setelah 16 kali ngajar saya sarankan lebih cepat lebih baik, agar lebih fokus pada laporan PPKT dan skripsi nantinya.
10. Saat itu peraturan Lab. FITK hanya mengijinkan kita tidak masuk selama 2 hari dalam 4 bulan, dan saya masuk dari hari pertama tak ada izin, sakit, agar 2 hari ini bisa saya gunakan untuk penelitian skripsi, dan karena pertemuan penelitian skripsi itu tentunya lebih banyak dari hari libur maka selebihnya saya berangkat subuh ke MAN 2 Bogor lalu pulang ngajar di MAN 2 Bogor ke sekolah SMAN 87 Jakarta untuk masuk (jangan lupa absen) dan ngajar lagi jika masih ada jam( walaupun kewajiban mengajar saya sudah habis, yaitu 16 kali pertemuan dalam 4 bulan).
11. Bimbingan saya untuk laporan PPKT dan skripsi terus menerus sejak awal2 PPKT, jika tidak, maka tak mungkin bisa sesuai waktu untuk penelitian ppkt dan skripsi, karena penelitian ppkt dan skripsi bisa dilakukan jika dosen sudah mengatakan silahkan penelitian, jika belum di persilahkan maka tidak sesuai dengan prosedur yang harus dilalui.
12. Kebetulan di MAN 2 Bogor ada adik saya, jadi saya mengetahui semua tentang MAN 2 Bogor, mulai dari jadwal sampai yang berhubungan dengan keperluan saya penelitian skripsi, saya bisa tanya adik saya, jadi tidak perlu badan saya ada di MAN 2 Bogor, susun saja apa yang mesti dipersiapkan dan saya kendalikan dari SMAN 87 Jakarta.
13. Dan pada bulan April ada ujian komprehensif sekitar tanggal 3, saya sarankan cepat daptar di bulan maret karena waktu pendaptaran dibatasi. tesnya yaitu pendidikan dan kimia minimal harus 70. kebetulan ada kakak kelas yang penelitian di tempat PPKT saya (Kak Zulkifli, S.Pd), jadi saya sering berangkat bareng naik motor pernah juga saya anterin pulang naik motor dan saya bantu juga di sana kalo ada keperluan apa2.
14. Dengan pertemanan ini, saya belajar skripsi ke beliau dan belajar bareng untuk ujian kompre(memang saat itu hanya belajar kimia hingga kita paham;karena soal2 kompre tidak akan jauh dari kompre2 sebelumnya, dan tetap sulit, kak zulkifli pun memang belum lulus ujian kompre jadi kita belajar bersama) tapi ternyata saya dan kak zulkifli hanya lulus pendidikannya saya mungkin faktor keberuntungan nilainnya 70 dan kak zulkifli 78an tapi kimia kita berdua tidak lulus padahal belajarnya kimia.
15. Saya ujian toefl seminggu sebelum ujian kompre juli (kompre kimia saya dan kak zulkifli lulus sama seperti bulan april kita belajar bareng, karena saya ngajar kimia kelas 2 di SMA 87,sedangkan kompre lebih didominasi kelas 2 maka saya dan kak zulkifli sama2 mutualisme, saya belajar skripsi dan beliau belajar kimia). kebetulan toefl saya langsung lulus. saya daftar toefl lewat waiting list(menunggu orang yang tidak datang saat hari tes dan kita yang menggantikan), jika lewat pendaptaran biasa, maka tes toefl n toaflnya bisa 3 minggu setelah daptar dan hasil tesnya 1 minggu setelah tes. Saya sarankan toefl dri sekarang jangan ditunda2.. dan toafl pun harus 3x.. karena saya tidak lulus-lulus. kebetulan toefl waktu semester 1 bisa dipakai maka tinggal 2x toafl... Selanjutnya saya toafl terus.*saran saya toafl sejak sekarang jadi tidak menghabiskan waktu
16. ACC laporan PPKT juni dan ACC skripsi pembimbing 1bulan juni, pembimbing 2 bulan juli, sidang bulan juli. selamat mencoba... mudah2n lancar.. amien..kurang lebihnya mohon maaf jika ada salah2 kata... mudah2an bermanfaat
17. Saran saya; pelajarilah ilmu skripsi itu terlebih dahulu atau belajar sama teman yang paham, sehingga tahu langkah apa saja yang mesti dilalui dan itu akan memudahkan kita, jangan lupa tukar2an buku sama temen lalu fotokopi halaman yang dipakai dan halaman penerbitnya, jangan lupa minta do'a orang tua, itu tetap nomer satu.
18. Teman saya kak zulkifli, S.Pd sidang bulan november karena toefl 7 kali tidak lulus dan setelah beliau ikut kursus 2 bulan baru toeflnya lulus, ambil pelajaran dari semua pengalaman ini. terima kasih wassalam

Agenda R. Ahmad Zaky El Islami

8 Januari 2010 : Batas akhir pengajuan proposal skripsi
27 Januari 2010 : Seminar Proposal Skripsi
12 Pebruari 2010 : Pembukaan PPKT dan hari pertama PPKT di SMAN 87 Jakarta
15 Pebruari 2010 : ACC Judul dan Proposal Skripsi
22 Pebruari 2010 : Pengajuan Judul dan Proposal Laporan PPKT ditolak
26 Pebruari 2010 : Pengajuan Judul dan Proposal Laporan PPKT diterima
1 Maret 2010 : Pembagian Dosen Pembimbing Skripsi
15 Maret 2010 : Bimbingan Skripsi Pertama
5 April 2010 : Observasi dan menyerahkan surat izin penelitian ke MAN 2 Kota Bogor
8 April 2010 : Pengujian kisi-kisi uji coba instrumen penelitian pada kelas XII-IPA-6
MAN 2 Kota Bogor
10 April 2010 : Ujian Komprehensif di ruang teater lantai 3 FITK UIN Jakarta
14 April 20 : Pengumuman hasil ujian komprehensif 10 April 2010
1. Pendidikan (70) lulus
2. Kimia (62) tidak lulus
21-28 April 2010 : Penelitian PPKT di SMAN 87 Jakarta
25 April 2010 : Penilaian praktik mengajar PPKT oleh dosen pembimbing PPKT
26 April 2010 : ke MAN 2 Kota Bogor, fiksasi waktu penelitian dan tahap persiapan.
27 April-12 Mei 2010 : Penelitian Skripsi di MAN 2 Kota Bogor
27 Mei 2010 : Penutupan PPKT
15 Juni 2010 : ACC Skripsi oleh Dosen Pembimbing
21 Juni 2010 : 1. Pendaftaran Ujian TOEFL & TOAFL di PBB UIN Jakarta Rp.150.000
2. Pembekalan kisi2 Ujian Komprehensif 3 Juli 2010 oleh Kaprodi Kimia
23 Juni 2010 : Ujian TOEFL dan TOAFL di Pusat Bahasa dan Budaya UIN Jakarta
24 Juni 2010 : ACC Laporan PPKT oleh Dosen Pembimbing PPKT
30 Juni 2010 : Pengumuman dan pengambilan hasil ujian TOEFL dan TOAFL
1. TOEFL (480) lulus
2. TOAFL (327) tidak lulus
2 Juli 2010 : Pendaftaran Ujian TOAFL di PBB UIN Jakarta Rp. 75.000
3 Juli 2010 : Ujian Komprehensif di ruang teater lantai 3 FITK UIN Jakarta
7 Juli 2010 : 1. Pengumuman hasil ujian komprehensif 3 Juli 2010
a. Kimia (82) lulus
2. Ujian TOAFL di Pusat Bahasa dan Budaya UIN Jakarta
8 Juli 2010 : ACC Skripsi oleh Dosen Pembimbing II
8-12 Juli 2010 : Mengurus surat keterangan PPKT di Laboratorium FITK UIN Jakarta
12 Juli : Pengambilan surat keterangan PPKT
12-14 juli 2010 : Mengurus IPK sementara di Jurusan
14 Juli 2010 : 1. Pengambilan IPK sementara di Jurusan
2. Pengumuman dan pengambilan hasil ujian TOAFL
a. TOAFL (332) tidak lulus
13-22 Juli 2010 : Mengurus IPK sementara di Akademik Pusat
22 Juli 2010 : 1. Pengambilan IPK sementara di Akademik Pusat
2. Pembuatan Surat Bebas Biaya
3. Pembayaran biaya Wisuda Rp. 600.000
4. Penyerahan berkas daftar sidang ke Universitas di Akademik Pusat
5. Pembayaran daftar sidang di Akademik Fakultas Rp. 150.000
6. Penyerahan berkas daftar sidang ke Fakultas di Akademik Fakultas
7. Daftar sidang (Ujian Munaqosah) di Akademik Fakultas
29 Juli 2010 : Sidang/Ujian Skripsi/Ujian Munaqosah lulus S.Pd
4 Agustus 2010 : ACC Skripsi Penguji II
24 Agustus 2010 : ACC Skripsi Penguji I
* TOAFL yang tidak lulus dianggap lulus jika memiliki 3 sertifikat (yang saya lampirkan adalah 1 sertifikat TOAFL pada semester 1 dan 2 sertifikat TOAFL pada semester 8). 3 Sertifikat dilampirkan sebagai salah satu syarat UJIAN SKRIPSI/SIDANG MUNAQOSAH.
* Kewajiban mahasiswa untuk mengajar selama PPKT adalah 16 kali pertemuan, dan kelas yang diajar saya selama PPKT di SMAN 87 Jakarta; XI-IPA-1, XI-IPA-2, X-2, X-5, dan X-6 sekitar 60 kali pertemuan selama ± 4 bulan.
* Alokasi waktu pelajaran kimia Kelas XI di SMAN 87 Jakarta adalah 4 jam pelajaran/minggu pada hari rabu dan jum’at, sedangkan kelas X adalah 3 jam pelajaran/minggu pada hari senin, selasa, dan rabu.
* Jadwal Pelajaran kimia di MAN 2 Kota Bogor kelas XI-IPA-1 adalah hari rabu dan sabtu, sedangkan XI-IPA-2 pada hari selasa dan sabtu.
* Biaya dalam penyusunan skripsi hingga wisuda ± 2.170.000 selama ± 6 bulan dengan rincian sebagai berikut:
a. Buku referensi ± Rp. 300.000
b. Biaya print selama bimbingan ± Rp.300.000
c. Biaya perjalanan Jakarta-Bogor selama penelitian ± Rp. 200.000
d. Biaya perlengkapan penelitian (fotokopi + sertifikat) Rp. 100.000
e. Biaya TOEFL dan TOAFL ± Rp. 225.000
f. Biaya Daftar Sidang Rp. 150.000
g. Biaya Daftar Wisuda Rp. 600.000
h. Penggandaan Skripsi untuk penguji Rp. 100.000
i. Revisi setelah sidang Rp. 25.000
i. Penggandaan Skripsi untuk Jurusan, Fakultas, Universitas dan Pribadi Rp. 170.000
* Biaya dalam penyusunan laporan PPKT ± 180.000 dengan rincian sebagai berikut:
a. Biaya print, jilid dan penggandaan selama bimbingan Rp. 150.000
b. Biaya perlengkapan penelitian (fotokopi + sertifikat) Rp. 30.000
* Total Semester 8 ± 2.350.000 selama 6 bulan sehingga perbulan pengeluaran rata-rata 400.000
* Biaya Semesteran semester 8 Rp 1.225.000

5 komentar:

chaeoche mengatakan...

Wewwwwwwwww ...
lengkap banget kaa catetan-nya.


*makasii kaa buat infonya.
sukses buat dirimu ka, amin!
semangad!!!

moslemscientist.blogspot.com mengatakan...

sam2... mudah2an ada manfaatnya... sukses juga buat kamu y...

Unknown mengatakan...

Kak kok bacanya deg2an yaaa saya jadi takut pas ppkt sama sidangnyaa😢😂😄 terus saya sudah menikah kak, waktunya pasti ribet banget ya kak😁 saya besok baru semester 3.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
moslemscientist.blogspot.com mengatakan...

Semoga lancar